Cara Membuat dan Mengurus Visa Jepang

Mengurus visa menjadi salah satu hal yang harus dilakukan ketika Anda akan bepergian ke luar negeri tak terkecuali ke Jepang. Meskipun sebenarnya Jepang memberikan kebijakan bebas visa untuk WNI, namun hal tersebut hanya berlaku untuk Anda yang memegang paspor elektronik. Sehingga, bagi Anda yang masih belum menggunakan paspor elektronik, membuat visa menjadi sebuah kewajiban ketika akan pergi ke Jepang. Pengurusan visa Jepang sendiri sebenarnya terbilang mudah dan cepat, dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Pengurusan Visa Jepang
Pengurusan Visa Jepang

Meskipun persyaratan untuk membuat visa Jepang ini cukup banyak, namun secara umum persyaratan tersebut terbilang mudah. Nah, untuk mengetahui berbagai syarat untuk pengajuan visa Jepang ini, Anda bisa mengunjungi web resmi dari konjen Jepang yang selalu update. Nah, berikut ini beberapa hal yang diperlukan ketika Anda akan melakukan pengurusan visa Jepang.

Syarat Pengajuan Visa Jepang untuk Keperluan Wisata

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa
  • Foto kopi KTP
  • Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Suat Keterangan Pelajar (Khusus Pelajar)
  • Bukti Pemesanan Tiket
  • Jadwal Perjalanan
  • Dokumen yang Berkenaan dengan Biaya Perjalanan.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pengurusan Visa Jepang

Pengisian Formulir Permohonan

Ketika akan melakukan pengajuan visa Jepang, Anda terlebih dahulu diharuskan mengisi formulir pendaftaran yang bisa Anda dapatkan melalui website resmi konjen Jepang. Dalam formulir ini sendiri, Anda harus mengisi beberapa keterangan, mulai dari nomor identitas hingga nama hotel yang akan ditempati sewaktu di Jepang. Agar visa Anda bisa terbit maka isilah informasi yang diminta sejelas mungkin. Tak hanya itu saja, Anda juga harus mempersiapkan pas foto ukuran 4,5 x 4,5 cm dengan latar belakang putih untuk ditempelkan di formulir ini. Pas foto yang disiapkan harus jelas dan bukan merupakan hasil editing.

Bukti Tiket dan Jadwal Perjalanan

Selain mengisi formulir pengajuan, pada saat pengurusan visa Jepang Anda juga wajib menunjukan tiket berangkat dan pulang dari Jepang. Tiket tersebut wajib Anda lampikan pada dokumen permohonan tersebut. Selain itu, Anda juga harus telah merencanakan jadwal perjalanan Anda selama berada di Jepang. Untuk yang satu ini Anda hanya perlu mengisi dari form yang sudah ada.

Dokumen yang Terkait dengan Biaya Perjalanan

Selain beberapa dokumen resmi seperti paspor dan bukti perjalanan, saat Anda akan mengurus visa Jepang juga akan dimintai dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Dalam hal ini Anda bisa melampirkan bukti pemesanan hotel, pesawat dan lainnya. Anda juga bisa melampirkan fotokopi rekening tabungan Anda selama 3 bulan terakhir. Hal ini untuk meyakinkan jika Anda ke Jepang untuk bewisata bukan untuk menjadi pekerja ilegal.

Persyaratan Tambahan

Pengurusan visa Jepang juga akan dimintai surat keterangan bekerja dari kantor tempat Anda bekerja. Hal ini tentu akan mudah didapatkan bagi Anda yang bekerja dikantor ataupun PNS. Namun, bagi Anda yang merupakan freelancer ataupun pengusaha, Anda memerlukan dokumen tambahan. Di mana, Anda harus membuat surat pernyataan yang menunjukan profesi Anda dan memastikan akan kembali ke Indonesia di tanggal yang telah di tentukan. Surat pernyataan ini wajib Anda tulis dengan menggunakan bahasa Inggris dengan tanda tangan di atas materai 6 ribu.

Nah, itulah beberapa persyaratan yang diperlukan ketika Anda akan melakukan pengurusan visa Jepang. Jika semua persyaratan di atas telah Anda penuhi, maka segeralah datang ke kantor Kedutaan Besar Jepang yang benar. Pasalnya, setiap kantor kedutaan Jepang hanya memikliki wilayah kerja untuk regional tertentu. Jika Anda berada di Wilayah Pulau Jawa (kecuali Jawa Timur), Kalimantan Tengah, Kalimatan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung, Anda bisa mengurus visa Jepang ke Kanto Kedutaan Jepang di Jakata. Sementara itu, untuk Anda yang berada di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Anda bisa melakukan pengajuan visa ke Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar. Untuk wilayah pulau Sumatera bagian utara Anda bisa mengurus di Konsulat Jenderal Jepang di Medan. Untuk wilayah Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan Anda bisa menguus di Kon Jen Jepang di Surabaya. Dan untuk Anda yang berada di pulau Sulawesi, Papua dan sekitarnya, Anda bisa mengurus di Konsuler Jepang Makasar.

, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *